Tuesday, June 9, 2009

DASAR-DASAR PHP

DASAR-DASAR PHP

Dalam pembuatan aplikasi web, instruksi-instruksi PHP akan dikombinasikan dengan  elemen-elemen  HTML.  Meskipun  PHP  dapat  digunakan  untuk membungkus  keseluruhan  dokumen HTML,  namun  sebaiknya  hal  ini  tidak kita  lakukan.  Selain  dapat  menyulitkan  pembacaan  kode,  langkah  ini  juga kurang efisien. Sebelum anda mulai membuat sebuah dokumen PHP ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1.    PHP 

PHP  (PHP:  Hypertext  Preprocessor)  merupakan  salah  satu  bahasa  web scripting yang sangat powerful. Sejak pertama kali diperkenalkan, bahasa  ini dimaksudkan untuk  menghasilkan halaman-halaman  web  yang  dinamis. Hingga  saat  ini,  PHP  banyak  sekali  digunakan  dalam membuat  aplikasi web—baik lokal maupun Internet dinamis dan atraktif

 

2.    Tipe Data

PHP  mendukung  delapan  tipe  primitif,  yang  terdiri  dari  empat  tipe  skalar (boolean, integer, float/double, dan string), dua tipe gabungan (array dan  object),  dan  sisanya  adalah  tipe  khusus  (NULL  dan  resource). Meskipun keberadaan  tipe  data  dalam  deklarasi  variabel  tidak  penting,  namun  dalam tahap selanjutnya sangatlah penting.

3.    Komentar

PHP mendukung tiga jenis sintaks untuk menuliskan baris komentar, meliputi style C, C++, dan Perl/Shell.

/* awal

Komentar style C

akhir */

// Komentar style C++

# Komentar style Perl/Shell

Meskipun  ketiga  jenis  style  di  atas  valid,  namun  upayakan  untuk  memilih style yang paling sesuai. Umumnya, style C digunakan untuk komentar yang terdiri dari beberapa baris, sedangkan sisanya untuk satu baris.

4.    Tag PHP

Parser  PHP  bekerja  dengan menguraikan  instruksi-instruksi  yang  diletakkan di antara tag pembuka dan penutup. Ada empat jenis style tag yang dapat kita gunakan untuk menyatakan bahwa kode merupakan instruksi PHP.

Dua dari empat  jenis  tag yang  selalu  tersedia  tanpa memerlukan konfigurasi adalah style XML dan SCRIPT.

<?php

  echo 'style XML';

?>

<script language="php">

  echo 'style SCRIPT';

</script>

Dua  style  tag  lainnya  memerlukan  aktivasi  dukungan  di  file  konfigurasi php.ini

<?

  // Aktifkan dukungan style SGML/Short di php.ini

  // short_open_tag = On

  echo 'style SGML';

?>

<%

  // Aktifkan dukungan style ASP di php.ini

  // asp_tags = On

  echo 'style ASP';

%>

0 comments:

Post a Comment